Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau sering disebut magang sebagai suatu kegiatan atau suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara terjun langsung pada sebuah lembaga atau perusahaan selama beberapa waktu. Program magang  ini diikuti seluruh mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2020 yang sudah masuk di semester 7, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan berakhir di tanggal 7 September 2023. Program studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta membagi lokasi PPL di beberapa tempat, kelompok 6 mendapat lokasi di RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Klaten yang berlokasi di Jl. Ki pandanaran No.KM.2, Senden, Danguran, Klaten Jawa Tengah.

Para mahasiswa PPL mengikuti pembekalan pra-magang yang telah dipersiapkan oleh pihak rumah sakit. Acara tersebut diikuti oleh 27 peserta PPL yang terdiri dari siswa dan mahasiswa dari berbagai daerah. Didalam acara tersebut disampaikan beberapa materi terkait aturan-aturan yang harus diperhatikan ketika berada di rumah sakit, seperti aturan tentang BHD, APAR, dan PPI. Dilanjutkan dengan hospital touring agar dapat beradaptasi di lingkungan rumah sakit.

Dengan diadakannya kegiatan magang dari program studi Pikologi Islam pada ranah klinis ini diharapkan dapat menjadi asisten psikolog yang mampu melaksanakan tugas berupa pengadministrasian alat tes, skoring, konseling, pelatihan, maupun  tugas-tugas lain yang diberikan. Pada hari pertama, mahasiswa PPL mendapatkan pengalaman baru terkait cara skoring tes Creeplin, tes Woodworth, dan tes EPPS (dalam versi yang berbeda).